Dari Kesehatan Hingga Uang Saku, 6 Omong Kosong Seminggu

Jakarta – Penyebaran hoaks di media sosial semakin beragam, dan persyaratan ini membutuhkan perhatian lebih saat menyerap informasi dari platform digital tersebut.

Untuk memudahkan mengidentifikasi informasi asli dan penipuan, Cek Fakta Liputan6.com melacak beberapa informasi yang beredar di media sosial.

Pencarian menemukan penipuan mulai dari masalah kesehatan hingga distribusi uang.

Berikut adalah daftar penipuan yang beredar minggu ini.

1. Dr. Therawan menemukan cara mengobati penyakit mata tanpa operasi

Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim Dr. Terawan telah menemukan cara mengobati penyakit mata tanpa operasi, dan berita ini diunggah di akun Facebooknya pada 6 Mei 2023.

Akun Facebook Terawan Agus Putranto membagikan unggahan di mana Dr. Terawan mengklaim telah menemukan cara untuk mengobati penyakit mata tanpa operasi. Ini menunjukkan cuplikan penyiar stasiun TVRI, pemeriksa mata, dan Dr. Terawan.

Gambar tersebut berisi tulisan berikut.

“Berita: Diumumkan penyembuhan 9 dari 10 penyakit mata dalam 7 hari di rumah tanpa operasi!”

Pemuatan dijelaskan sebagai berikut.

“Berita: ?️ Dr. Therawan, saya menemukan cara untuk menyembuhkan penyakit mata dalam 7 hari tanpa operasi dan melakukannya di rumah. ? Tidak kambuh, tidak ada efek samping “

Benarkah Dr. Terawan mengklaim telah menemukan cara mengobati penyakit mata tanpa operasi? Liputan6.com Cek Hasil Pencarian Cek Fakta Lihat Hasil Pencarian Disini…

2. File APK laporan pengiriman paket di akun WhatsApp Pos Indonesia

FACT CHECK File APK Liputan6.com ditemukan akun WhatsApp Pos Indonesia melaporkan permintaan pengiriman paket Informasi ini disebarkan melalui aplikasi chat.

Laporan Pengiriman Paket APK File Prompt untuk Akun WhatsApp Pos Indonesia Dalam format Laporan Pengiriman Paket untuk akun WhatsApp yang menggunakan gambar profil logo Pos Indonesia, pengirim laporan menyertakan file APK bernama IMG.

Pengirim pesan juga mengumumkan bahwa paket telah terkirim, meletakkannya di atas, dan menginstruksikan penerima pesan untuk membuka image berupa file APK yang ia kirimkan sebagai bukti bahwa paket telah di-deploy.

Simak Juga  Liga Basket Indonesia Akan Menjadi Pramuka Metaverse Di Unsyiahpress

Benarkah file APK mengklaim melaporkan pengiriman paket dari akun WhatsApp Pos Indonesia? Lihat hasil pencarian Cek Fakta Liputan6.com di halaman selanjutnya…..

3. Daftar harga tiket Timnas Indonesia dan Argentina

Beredar di media sosial dan aplikasi chat yang menyebutkan harga tiket laga Indonesia vs Argentina pada 19 Juni 2023. Pesan berantai telah beredar sejak pertengahan minggu ini.

Satu akun mengunggahnya ke Facebook. Diposting oleh akun pada 25 Mei 2023.

Berikut isi pesan berantai tersebut.

“? ?? Indonesia v Argentina ??? 19 Jun 2023

⏰️ 20:00 WIB

? RCTI+ waktu-nyata | Saluran MNC | televisi global

? Stadion Utama Gelora Bung Karno

? 84.000 Tiket [Siap untuk 15 Juni 2023]

➡️ Daftar harga tiket:

▪︎ Kelas Satu Rp 2.350.000

▪︎ Kelas II Rp 1.850.000

▪︎ kategori 3 Rp 1.350.000

▪︎ VIP Rp 4.650.000

▪︎ VIP Rp 5.650.000

? Tiket dapat direquest melalui website resmi PSSI

? Jangan lupa untuk mencetak dan memindai tiket Anda sebelum memasuki area “SUGBK “.

Benarkah surat berantai itu menyebutkan harga tiket pertandingan antara Argentina dan Indonesia pada 19 Juni 2023? Simak hasil pencariannya di halaman berikutnya….

4. Pfizer memiliki hak paten untuk melacak penerima vaksin.

Pengecekan fakta Liputan6.com menemukan bahwa Pfizer mengklaim memiliki paten untuk melacak penerima vaksin. Informasi ini diunggah oleh akun Facebook pada 24 Mei 2023.

Pfizer mengklaim memiliki hak paten untuk melacak penerima vaksin berupa tangkapan layar dokumen:

“Paten AS

Erlich dkk.

Metode dan sistem pengolahan primer. Vaksinasi, pengujian dan/atau aktivitas sekaligus melindungi privasi individu”

Tangkapan layar berbunyi:

“Permohonan paten Pfizer diberikan pada 31 Agustus 2021, yang ” berarti bahwa Internet of Things melalui tautan kuantum akan dapat menghubungkan semuanya mulai dari menara seluler dan satelit hingga jaringan lokal setiap target yang difilmkan Demonstrasi frekuensi gelombang mikro di atas 2,4 GHz secara langsung dengan adjuvant oksida graphene. “

Simak Juga  3 Aturan Artikel Karet Untuk Kominfo Blok WA, FB Dan Google Jika Anda Belum Mendaftar Untuk PSE

Tangkapan layar akan terlihat seperti ini:

“Tidak sulit untuk menemukan kebenaran akhir-akhir ini. Yang harus Anda lakukan adalah menemukannya.

bangun❗ — + semua V1rus buatan

Dr.Otto Heinrich Warburg

Pemenang Hadiah Nobel tahun 1931 dalam Fisiologi (1923) menemukan penyebab kanker pada “Pertumbuhan kanker pada jaringan tertentu yang mengandung asam-oksigen”.

“Penyakit tidak dapat bertahan dalam tubuh basa ” “Jaringan kanker bersifat asam, tetapi jaringan sehat bersifat basa “

Menghilangkan 35% sel tua yang berpotensi kanker dalam waktu 48 jam.

Pf1z3r menerima paten pertama untuk kontak menara sel dan komunikasi dengan graphene oxide yang disuntikkan ke manusia di seluruh dunia untuk tujuan pelacakan dan eliminasi kontak dengan kedok v1rus palsu dan pandemi palsu pada tahun 2021.”

Benarkah Pfizer mengklaim memiliki hak paten untuk melacak penerima vaksin? Lihat hasil pencarian Liputan6.com untuk cek fakta di sini…

5. Video Lionel Messi memotivasi Timnas Indonesia

Video motivasi Lionel Messi beredar di media sosial di ruang ganti jelang laga melawan timnas Indonesia. Postingan ini beredar sejak pertengahan minggu ini.

Satu akun mengunggahnya ke Facebook. Diposting oleh akun pada 23 Mei 2023.

Dalam postingannya, terdapat video berdurasi 45 detik Messi mengirimkan pesan kepada rekan setimnya dari ruang ganti. Video tersebut disertai dengan teks berikut.

Ia melanjutkan, “Pertandingan mendatang melawan Indonesia sangat penting. Merupakan kesempatan yang sangat langka untuk melawan salah satu negara terkuat di Asia Tenggara.

Kemenangan Piala Dunia kemarin di Qatar hanyalah titik awal bagi kami untuk berada di tahap ini melawan tim kuat seperti Indonesia. Saya yakin kami bisa memenangkan pertandingan pada 19 Juni dan rakyat Argentina akan sangat bangga dengan Anda.

Simak Juga  WhatsApp Sedang Mengembangkan Fitur Untuk Mengirim Pesan Video Pendek Untuk Pengguna IPhone

Karena mengalahkan Indonesia adalah impian setiap negara di dunia. Semua trofi dan gelar yang kami raih tidak ada artinya jika kami tidak mengalahkan Indonesia.”

Lantas, benarkah postingan video Lionel Messi memotivasinya di ruang ganti jelang laga melawan timnas Indonesia? Lihat hasil pencariannya di sini…

6. Youssef Hamka mendapat uang Rp 20 juta hanya karena menulis di Facebook

Pengusaha Yousef Hamkah menerima uang tunai 20 juta rupee hanya dengan menulis di Facebook, dan sebuah postingan menjadi viral di media sosial. Posting ini telah beredar selama beberapa waktu sekarang.

Diposting oleh salah satu akun Facebook bernama Youssef Hamka Riyal. Akun tersebut diunggah pada 24 Mei 2023.

Postingan tersebut berisi penjelasan sebagai berikut:

“Yang bisa mengatur di atas, saya berjanji akan mentransfer 20 juta tanpa penarikan”

Jika iya, benarkah pengusaha Yusuf Hamka membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan menulis postingan di Facebook? Lihat hasil pencariannya di sini…

Melawan kecurangan itu seperti melawan kecurangan. Hal inilah yang melatar belakangi pembuatan channel Cek Fakta Liputan6.com di tahun 2018, dan kini kami aktif bekerja untuk membawa budaya media ke masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Liputan6.com FactCheck telah menjadi mitra Facebook dengan bergabung dalam International FactChecking Network (IFCN). Kami juga merupakan bagian dari InitiativeCheck Facts.com. Bekerja dengan pihak manapun tidak akan mempengaruhi independensi kita.

Jika Anda memiliki informasi tentang penipuan yang ingin dilacak dan diverifikasi, silakan kirim email ke [email protected].

Perlu jawaban yang lebih cepat? Hubungi Chatbot WhatsApp Cakupan 6 Cek Fakta di 670-9787-0811 atau klik link berikut.

You May Also Like

About the Author: admin