Startup Fintech Komunitas Mengumpulkan Rp 132 Miliar: Balitteknologikaret

Komunal, startup fintech yang fokus pada digitalisasi BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan di kota Tier 2 dan 3 di Indonesia, telah mendapatkan pendanaan sebesar USD 8,5 juta atau sekitar Rp132 miliar.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures (dana pertumbuhan), yang meliputi AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora dan Gobi Partners.

Perseroan akan menggunakan pendanaan baru ini untuk mempercepat misi perusahaan dalam mempromosikan inklusi keuangan dan mendorong ekosistem BPR baru di Indonesia, khususnya di luar Jabodetabek.

CEO Komunal Hendry Lieviant mengucapkan terima kasih atas kepercayaan investor, mitra BPR dan seluruh nasabah setia Komunal.

“Kami senang mitra BPR kami tumbuh melalui digitalisasi dan memungkinkan nasabah setia kami mengakses simpanan dan pinjaman digital dengan mudah dan aman. Di tahun 2023, kami berharap layanan Komunal akan memberikan manfaat yang lebih luas, terutama bagi pengguna BPR dan mitra eksternal. . kata Hendry.” Dan voli.

Hendry juga percaya bahwa kolaborasi antara fintech dan bank tradisional (termasuk BPR) akan menciptakan sinergi yang luar biasa.

“Kommunal melihat potensi kerja sama dengan BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM di kota Tier 2 dan 3,” kata Hendry.

Di Indonesia, industri fintech memiliki potensi besar, terutama dalam membantu usaha kecil dan menengah (UKM) berkembang. Fintech dapat membantu usaha kecil memberikan kemudahan dan efisiensi dalam mengelola uang dan modal.

Menurut balitteknologikaret.co.id Sepanjang tahun 2022, Komunal menyalurkan simpan pinjam senilai $230 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun kepada pelaku usaha lokal untuk restrukturisasi usaha dan usaha kecil menengah.

Angka ini mewakili pertumbuhan 350% dari tahun ke tahun dibandingkan dengan tahun 2021. Saat itu, jumlah simpanan dan pinjaman yang disalurkan sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 781 miliar.

Simak Juga  Jokowi: Pemugaran Sekolah Yang Rusak Akibat Gempa Cianjur Akan Segera Dimulai.

Perusahaan mengharapkan untuk melebihi $500 juta dalam nilai transaksi pada tahun 2023. Itu juga mencatat EBITDA surplus sejak Oktober 2022, mencatat pertumbuhan dan profitabilitas pada saat yang bersamaan.

Hingga saat ini, lebih dari 220 BPR dari 19 provinsi di Indonesia telah bergabung dengan DepositoBPR di platform Komunal.

Komunal memiliki dua lini bisnis: DepositoBPR Komunal dan Pinjaman P2P Komunal. Kedua perusahaan tersebut bergerak di industri financial technology dengan misi mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

DepositoBPR Komunal merupakan aplikasi pasar pertama produk simpanan BPR di Indonesia. Sementara itu, P2P Group Lending merupakan platform pinjaman P2P yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menghubungkan UKM dan pemberi pinjaman potensial.

“Sebagai mantan pendukung Komunal, kami telah menyaksikan pertumbuhan dan pencapaian Komunal. Kami percaya bahwa ketekunan dan inovasi yang dibawa oleh Hendry dan tim akan terus menghadirkan transformasi digital yang semakin cepat di sektor keuangan. Kami senang. kata Wilson Kwaka, co-founder dan managing partner di East Ventures. Kami akan terus memantau kontribusi Komunal dalam mewujudkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.”

You May Also Like

About the Author: admin